TENTANG WEBSITE
TENTANG WEBSITE
Kelas Matematika adalah sebuah website pembelajaran matematika yang dibuat untuk guru dan siswa SMP kelas VII. Link yang digunakan untuk mengakses website ini adalah kelasmatematika.sch.id. Website yang dikembangkan dibuat menggunakan google sites. yan disediakan oleh google. Alasan menggunakan google sites adalah karena kemudahan dalam penggunaan dan pembuatan serta juga fitur-fitur yang cukup lengkap. Website ini merupakan salah satu media pembelajaran matematika yang berorientasi pada kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Aljabar. Penggunaannya yang mudah dan kelengkapan materi pada website ini, diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam pembelajaran matematika yang dilakukan. Selain itu, penggunaan website ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi matematis dan menggunakan teknologi yang tersedia untuk membantu proses pembelajaran matematika.
Fitur-fitur yang ada di dalam website cukup lengkap untuk membantu siswa dan guru dalam belajar matematika. Terdapat video pembelajaran yang terkoneksi dengan youtube, lembar kerja siswa yang dibuat menggunakan liveworksheet.com, contoh-contoh soal, evaluasi pembelajaran pada tiap materi, halaman interaksi antara guru dan siswa, halaman bantuan jika pengguna mengalami kesulitan atau ingin memberikan masukan/komentar terkait website, dan halaman penjelasan capaian pembelajaran yang berorientasi pada kemandirian belajar dan komunikasi matematis siswa. Penilaian harian untuk materi Aljabar juga disediakan dalam website untuk mengetahui hasil belajar siswa tentang materi Aljabar. Kompetensi inti dan kompetensi dasar materi dicantumkan dalam website untuk memberikan informasi terkait fokus dari website ini. Indikator pembelajaran dan tujuan pembelajaran juga dicantumkan pada tiap halaman di website.
Petunjuk penggunaan website juga disediakan di dalam website, sehingga pengguna diharapkan tidak mengalami kebingungan dalam penggunaannya. Inti dari petunjuk penggunaan yang disediakan adalah pengguna cukup meng-klik tombol menu yang disediakan. Tombol-tombol tersebut nantinya akan langsung menuju halaman-halaman yang ada di website jika di-klik. Harapannya adalah untuk mempermudah pengguna dalam mengakses materi yang ada di dalam website.
Komunikasi matematis adalah keterampilan dalam menggunakan bahasa untuk menyampaikan konsep matematika secara lisan atau tertulis. Kemampuan ini bermanfaat dalam pengembangan kemampuan berpikir logis siswa, yang merupakan salah satu unsur penting dalam matematika (Hodiyanto, 2017).
Aspek Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis
Menurut NCTM (2000) indikator kemampuan komunikasi matematis sebagai berikut:
Mengomunikasikan pemikiran matematis kepada orang lain secara tertib, logis, dan jelas. Kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik yaitu dapat mengomunikasikan pemikiran matematis secara logis dan jelas kepada forum diskusi baik kepada antar peserta didik dan pendidik.
Mengatur dan memastikan pemikiran matematis melalui komunikasi. Hal ini peserta didik dapat mengatur dan konsolidasi pemikiran matematis melalui komunikasi.
Menggunakan bahasa matematika untuk mengungkapkan ide-ide matematika.
Menganalisis dan mengevaluasi pemikiran matematis dan strategi yang digunakan oleh orang lain. Peserta didik menganalisis dan mengevaluasi pemikiran matematis serta strategi yang digunakan antar peserta didik.
Kemandirian belajar adalah kemampuan siswa dalam mengontrol perilaku dan psikis kognitif yang dimulai dengan tahap pemikiran, monitoring, kontrol belajar, dan refleksi diri.
Aspek Indikator Kemandirian Belajar
Aspek Pemikiran
Menetapkan tujuan belajar
Mendiagnosa kebutuhan belajar
Kepercayaan diri terkait kemampuan diri
Aspek Monitoring
Pengawasan penggunaan waktu belajar
Motivasi diri
Aspek Kontrol Belajar
Penerapan penyelesaian tugas
penetapan strategi belajar
Aspek Refleksi Diri
Evaluasi proses dan hasil belajar
Evaluasi diri
Copyright © Kelas Matematika | Design by Nuim Hayat
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA